Minggu, 22 November 2015

Kritik Deskriptif (mengkritik karya lukisan Ivan Sagita)

Karya  ini di buat oleh seniman surealis indonesia yang bernama Ivan Sagita.
Yang berjudul "Meraba Diri"
Dengan ukuran lukisan 72 x 90 cm
Cat minyak pada kanvas

Kritik Deskriptif

           Yang saya amati pada lukisannya Ivan Sagita adalah tentang unsur luar lukisannya,belum sampai tentang makna atau arti dari lukisannya.Dia (Ivan Sagita) membuat background lukisannya dengan
 mengambil pemandangan langit yang agak gelap dengan dominan warna ungu pada awan dan warna biru pada langit dan dengan sedikit sentuhan warna hitam pada goresan langitnya.Dan saya melihat 3 objek seperti/menyerupai wujud wanita  yang memakai konde pada rambutnya dengan warna hitam dan hijau pada bando di atas konde si wanita tersebut.

            Saya juga melihat wajah dan tubuh wanita tersebut di buat tidak realis atau tidak menggambarkan tubuh wanita yang sebenarnya,melainkan di distorsi atau di ubah menjadi pemandangan lagit lagi tetapi dengan menggunakan warna langit yang agak terang kebalikannya dengan yang backgroundnya tadi.Saya juga melihat objek tangan wanita yang sedang meraba wajahnya yang di gubah menjadi lagit tadi.Objek tangan tersebut di buat realis atau seperti apa adanya tangan wanita yang sebenarnya.Tetapi hanya 2 (seperti wanita)
saja yang ada objek tangan realisnya.Yang (seperti wanita) paling kiri sendiri seluruh tubuhnya di gubah menjadi pemandangan langit cerah itu tidak ada objek tangan realisnya,hanya polos dengan pemandangan awan dan langit yang cerah saja.

           Dan hanya wanita yang di tengah saja yang memaki konde yang ada bando warna hijaunya menurut yang saya amati.Warna-warna yang digunakan Ivan Sagita pada lukisannya dari keseluruhan kalau menurut saya ada warna biru,ungu,hitam,hijau,putih,coklat,kuning.Menurut saya karya lukisan Ivan Sagita kurang menarik pada warna backgroundnya dan warna pada penggarapan objek tangannya.
Sekian kritik seni deskriptif saya yang mengkritik dari karya lukisannya seniman surealis indonesia yang bernama Ivan Sagita,sekiranya bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar